Jadilah..

15.26



Jadilah manusia yang sholih, yang tegar dan tegas. Tak mudah diombang-ambingkan keadaan. Tetapi lembut hati pada sesama terutama kaum dhuafa.

Jadilah (kelak) pemimpin yg cerdas dan berakhlak mulia. Kecerdasan akan membuatmu memimpin dengan adil, bukan dengan bayang-bayang orang disekitarmu yang berambisi tapi tak mumpuni, sehingga memanfaatkanmu untuk memenuhi hasratnya. Kecerdasan akan menjauhkanmu dari pembodohan orang-orang yang menganggapmu punya kuasa tapi tak mampu bersuara, tak punya daya upaya. Karena kalian bukan wayang, apalagi yang menggerakkan adalah dalang ber-otak timpang. Akhlak mulia akan menjadikanmu pemimpin yang mampu menempatkan diri, amanah, dan bertanggung jawab. Bertanggung jawab pada jabatan, pada rakyat, pada Tuhanmu. Ingat Nak, pemimpin adalah golongan orang yang pertama kali dihisab, maka berhati-hatilah. Jangan jadi penguasa yang lalim, zhalim, meski orang-orang yang engkau pimpin adalah mungkin saja keturunan dari orang-orang kejam, dan jauh dari kebaikan. Tapi adalah tugas dan tanggung jawab kalian menjadikan mereka tetap pada kebaikan.


Duhai para pemegang jabatan, posisi ini hanya sementara. Kelak kita akan bertemu digenerasi selanjutnya. Maka lihatlah, ketika Allah berkenan membalikkan keadaan, semoga saat itu kalian masih bisa tersadar dan tersisa waktu untuk bertaubat. Anak-anak adalah penerus tongkat estafet kehidupan. Saat itu apakah kalian masih kuasa menggerakkan jari telunjuk dengan jumawa. Àtau mengangkat kedua belah tangan menutup muka karena rasa malu ataukah menyeka air mata. 20 tahun tak lama. Mungkin saja saat itu kekuatan doa orang-orang yang terzhalimi menampakkan rupa. Maka saat itulah karma hasil perbuatanmu berlaku.

#abdullah syukur sangun dipenah
#hafizh justin abrisam

You Might Also Like

0 komentar

recent posts

Follow My Facebook