Lepas Alas Kaki

11.29

sumber gambar: tjuputography

lagi di kereta nih..
ada banyak sih kejadian, tp pengen nulis tentang kebiasaan 'buruk' sebagian penumpang, salah satunya sedang duduk di depan saya nih.
Secara logis kita akan bisa mengatakan bahwa fungsi alas kaki adalah untuk melindungi kaki dari beberapa hal yang tidak diinginkan seperti benda tajam, dan kotoran. Ya, kotoran. Artinya ada kemungkinan yang sangat besar alas kaki kita akan menginjak sesuatu yang kotor, yang secara otomatis juga akan membuat kotor alas kaki kita.
Mungkin itu sebabnya dibeberapa tempat yang ingin dijaga kebersihannya ada peringatan akan batas alas kaki, seperti masjid, rumah sakit, dan lain sebagainya. Namun perlu diingat, ada pula banyak tempat yang ingin dijaga kebersihannya tetapi tidak diberi peringatan pembatasan pemakaian alas kaki karena mungkin dirasa secara logis orang akan mengerti hal ini, seperti kursi, meja, tempat tidur, dan lain sebagainya. Nah, bagian terakhir inilah yang kerap kali membuat saya terkadang heran ketika ada sebagian penumpang kereta api yang dengan tenangnya meletakkan kakinya di atas tempat duduk orang lain, padahal dia sedang memakai alas kaki yang mungkin telah menginjak kotoran.
Bagaimana jika ada orang lain yang melakukan itu dan secara kebetulan kita yang menduduki bangku tersebut. Bagaimana jika ada orang yang duduk di depan kita dengan sangat tenang meletakkan alas kakinya di samping kita, di bangku yang kita duduki.
Wis ngono tok kok. Sadar yo mas, ini transportasi publik, milik bersama, so kita jaga bersama. Njenengan juga sepertinya mahasiswa kan, so logikanya kudu jalan, mudah-mudahan adabnya juga jalan. Nuwun
sumber: fb aga 13 feb 2016

You Might Also Like

0 komentar

recent posts

Follow My Facebook