Belajar Kesederhanaan pada Mark

08.48

Ini hanya copas yg saya tidak bisa pastikan kevalidannya. Tetapi saya sangat mendukung isi tulisan ini, salut (aga).



MARK ZUCKERBERG, pemilik Facebook MENJAWAB : 

Saya, Mark Zuckerberg dari Facebook. Saya adalah org yg diberitakan sbg anak muda kaya raya yang tak ada gosip miring, seseorg yang sangat mencintai istri, dan si Mark yang punya tampang 'baby face'.
Hari ini saya mau pakai beberapa menit utk ngobrol dengan teman² yang masih penasaran dengan beberapa hal tentang saya dan isteri saya.

Banyak teman Chinese yang menyampaikan  kecurigaan mereka, terutama dua hal tentang:
1. Pertama, mengapa saya memperisteri wanita Cina yang berparas tidak cantik?

2. Kedua, mengapa saya sumbangkan saham Facebook saya sebesar USD 45 milliar, apakah utk menghindari pajak?

Banyak teman teman saya seperti Bill Gates, Shakira, dll menganjurkan supaya saya tidak usah menjawab pertanyaan² tersebut.

Tapi saya putuskan untuk menjawab 2  pertanyaan kalian. Sekaligus menjawab lebih banyak pertanyaan kalian, misalnya, Mengapa saya tak beli mobil mewah dan juga kenapa selalu pakai T-shirt yg sama. Sekarang saya akan jawab pertanyaan kalian.

1. Mengapa saya memperisteri seorg wanita berparas tidak cantik? 

Pertama² saya ingin bahas, apa itu wanita cantik, apa itu wanita tidak cantik.....
Saya punya banyak kesempatan bertemu wanita² cantik, banyak dari mereka yang mau sekali menjadi istri saya, tapi apa yg disebut wanita cantik kebanyakan berhati spt kaca.amat rapuh, 
Kalo sakit manjanya spt seorg putri raja, dan punya penyakit angkuh, sombong, dan jg akan bertanya kepada saya kenapa sudah begitu kaya tapi tak mau ganti mobil. Saya tau tujuan mereka adalah ingin pamer di lingkungan jet set, setelah itu akan lebih banyak lagi tuntutan nya sebagai istri orang kaya.

Wanita demikian meski secantik apapun, kalo hatinya cuma menuntut, tetap keliatan jelek, jiwanya jg kotor. 
Wanita spt itulah baru dikatakan sbg wanita jelek, diberikan gratis pun saya tidak mau.

Kecantikan di luar akan berkurang nilainya seiring bertambahnya umur, tapi kecantikan dari dalam akan bertambah seiring bertambahnya umur.
Dalam hal ini para ahli ekonomi di Wall Street pasti paham. Saya sama spt mrk, tidak akan bersentuhan dgn benda yg secara cepat turun nilainya.

Apa yg saya sukai dari Priscilla Chan isteri saya? Raut wajah seorg wanita adalah cermin hati seseorg, senyumnya selalu memukau. 
Sejak hamil, Priscilla sama sekali mengabaikan perubahan yg terjadi pada raut mukanya akibat kehamilannya, tetap berpakaian sederhana, tanpa dandan, tp kebahagiaannya saya rasakan sepenuhnya dan juga nampak kepada org lain.

Saya suka kesederhanaannya. Saya suka penampilannya, bersemangat tapi bijak, berani tapi penuh kasih, berjiwa pemimpin tapi juga bisa mendukung orang lain. Saya menyukai semua hal saat bersamanya, saya merasa sangat nyaman & tenang. 

Saya sama sekali tidak merasa Priscilla memanfaatkan saya atau bermegah atas saya. Selain memiliki kecerdasan intelektual yg tinggi, dia jg punya kecerdasan emosi yg tinggi, jangan lupa bahwa Priscilla adalah lulusan jurusan kedokteran Harvard University, anda bisa coba tes masuk universitas tsb, jurusan hukum, kedokteran, ekonomi adalah jurusan yang jadi rebutan org, meski lulus tes masuk belum tentu anda bisa lulus dengan baik. Kalo mau dibilang bermegah, lebih tepat saya yg bermegah atas Priscilla, bukan sebaliknya. 

Perkawinan ibarat sepasang sepatu, cuma yg pake yg tau sepatunya nyaman dipake atau tidak. Priscilla paling cocok buat saya, saya & Priscilla adalah pasangan yang paling ideal di bumi ini. Saya kenalan dgn Priscilla saat antrian toilet. Di mata-nya, saya seorg kutu buku. Inilah jodoh.

Di mata kalian, Priscilla adalah wanita tidak cantik, tapi di mata saya, dia adalah wanita cantik dan paling serasi dengan saya.

Saya tak bisa menahan diri memamerkan foto saya dengan Priscilla yang begitu berbahagia. Dalam foto nampak saya & Priscilla begitu bahagia, damai & alami.

2. Sekarang membahas tentang penghindaran pajak yang dituduhkan kepada saya........ 
Kalian berpikir, saya menyumbang USD 45 milliar apakah untuk pamer kekayaan atau menghindari pajak. Apakah otak kalian atau otak saya yg bermasalah??? 

Apa yang kami sumbangkan USD 45 milliar berbentuk saham sebetulnya bukan nilai sebenarnya, tp cuma nilai pasar, bisa lebih tinggi atau lebih rendah nilainya, ini tergantung pasar yg menentukan.

Dana yg kami sumbangkan utk digunakan sbg dana abadi guna diinvestasikan ke sekolah & RS. Saat anak kami lahir, kami berkunjung ke RS, bermaksud utk bisa ikut berkontribusi dlm dunia pengobatan.

Seiring perkembangan teknologi yg maju pesat, kami sungguh berharap 100 thn mendatang, hampir semua penyakit bisa dicegah & diobati. 
Saat ini, kebanyakan manusia meninggal akibat penyakit jantung, kanker, stroke dan berbagai penyakit menular. Diharapkan berbagai penyakit tsb bisa teratasi dgn lebih cepat.

Saat menyadari anak kami dan banyak anak lainnya berkemungkinan bisa menghindari berbagai penyakit, kita semua punya tanggung jawab untuk mewujudkan impian tsb. 
Saya tegaskan sekali lagi, saya dan isteri saya akan berkontribusi semaksimal mungkin utk tujuan tersebut. 

Di Silicon Valley, "Mengubah Dunia" kata tsb bukan cuma sebuah slogan, tp merupakan sebuah keyakinan & kekuatan. Mimpi kami berharap melalui usaha keras kami memperbaiki kualitas pendidikan, pengobatan, integrasi dunia untuk disumbangkan kembali ke masyarakat, mengubah dunia, membangun dunia yg lebih baik bagi semua umat manusia.

Teman² sekalian.....
Kami sedang melakukan upaya "Change The World", lalu apa yg telah kalian buat?
Saya dengar di antara kalian banyak mengeluh.
Saya mau katakan bhw tak ada artinya mengeluh, tindakanlah yg lebih bermakna.

Saya & Priscilla menyumbangkan 99% saham kami di Facebook, hampir semua saham milik kami. Apa kalian masih menganggap yg kami lakukan itu untuk hindari pajak? Apakah msh ada maknanya menghindari pajak? 

Banyak teman di China yang kaya raya, mengapa mereka tak ikut menyumbangkan 99% harta nya guna menghindari pajak? Kalau itu memang hal yang masuk akal ?

3. Lagi tentang baju & mobil apa yang saya pakai.
Betul, sepanjang tahun saya pakai T-shirt abu² & mobil yang sangat sederhana. 
Saya tegaskan, saya bukan orang yang berhari² tidak ganti baju, tapi saya beli banyak T-shirt berwarna abu². Saya berusaha jalani hidup ini sesederhana mungkin supaya hemat pikiran & waktu dalam memutuskan hal² yang tidak penting, karena memilih pakaian, makan pagi dan berbagai hal kecil yang menyita cukup banyak waktu & pikiran. Saya tak mau buang waktu cuma untuk hal² kecil tersebut, sehingga saya bisa lebih fokus melakukan berbagai hal yg lebih bermanfaat untuk masyarakat. 
Saya berpendapat, mobil cuma alat transportasi, tidak perlu yg mahal². Saya tidak memakai barang barang bermerek, yg penting saya merasa nyaman, mengapa butuh barang barang yang berlebihan? Kalo mengenai kebutuhan extra, justru otak & perasaan kita perlu lebih diutamakan.

Kata bijak orang Chinese jaman dulu, manusia harus menaklukkan benda, bukan ditaklukkan benda. Maksudnya adalah berbagai materi di kehidupan ini untuk dikendalikan manusia, bukan sebaliknya, saya sangat setuju dgn pemikiran tsb. 

" SEDERHANA ITU INDAH " merupakan keyakinan saya & Priscilla Chan.

Akhir kata, kalau ada yang tidak berkenan, mohon petunjuk..... 

Anda bisa tinggalkan pesan untuk saya. Terima kasih telah luangkan waktu mendengar yang saya sampaikan.
Terima kasih.

Salam,
Mark Zuckerberg

You Might Also Like

1 komentar

recent posts

Follow My Facebook